oleh

Antisipasi Banjir, DPU Pengairan Bersih-Bersih Sungai dan Keruk Sedimen

KabarBanyuwangi.co.id – Demi mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan tiba, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi bersama masyarakat bergotong-royong melakukan pembersihan sejumlah saluran air dan sungai serta melakukan pengerukan sedimentasi.

Menurut Sekretaris Dinas PU Pengairan Riza Al Fahrobi, potensi genangan air akan semakin besar saat saluran air tidak berfungsi secata optimal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembersihan dan pengerukan sedimentasi.

Baca Juga: BPBD Petakan Kawasan Rawan Bencana, Masyarakat Diminta Waspada

Baca Juga: Dam Singir Tak Seangker Dulu Lagi, Malah Sekarang Jadi Destinasi Wisata

Pembersihan dilakukan dengan cara mengeruk sedimen dan melakukan pembersihan sejumlah saluran air yang dianggap banyak timbunan sampah bertujuan untuk menambah kapasitas daya tampung saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Pembersihan saluran air dan sungai dilakukan secara rutin, meliputi pembersihan saluran dari sampah, tanaman yang tumbuh di aliran sungai, dan lain sebagainya.

Sekretaris DPU Pengairan Riza Al Fahrobi. (Foto: fat)
Sekretaris DPU Pengairan Riza Al Fahrobi. (Foto: fat)

Pengerukan sedimentasi dilakukan juga dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kapasitas daya tampung,” ujarnya.

Baca Juga: Bendungan Air Tinggalan Belanda Kini Jadi Tempat Wisata Warga

DPU Pengairan Banyuwangi juga memberlakukan piket petugas penjaga palang pintu air di masing-masing wilayah Koordinator Sumber Daya Air (Korsda). Selain itu pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah pada saluran air.

“Kami berharap masyaraakat bisa berperan aktif menjaga kebersihan sungai, dan tidak membuang sampah pada saluran air,” imbuhnya. (fat)