oleh

BPBD Petakan Kawasan Rawan Bencana, Masyarakat Diminta Waspada

KabarBanyuwangi.co.id – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai ancaman bencana.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah, Polisi dan TNI, serta bekerjasama dengan berbagai relawan untuk menjadi suatu kekuatan dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan guna mengurangi korban jiwa jika terjadi keadaan darurat.

Baca Juga: BPBD Banyuwangi Sebut 4 Kecamatan Masuk Kawasan Rawan Bencana

Eka mengungkapkan, musim penghujan diperkirakan akan berlangsung mulai November hingga Maret mendatang. Oleh sebab itu, BPBD Banyuwangi telah melakukan pemetaan terhadap kawasan yang dianggap rawan bencana.

“Kecamatan Pesanggaran, Siliragung, Blimbingsari, Kabat, Rogojampi, Muncar, Singojuruh, dan Kecamatan banyuwangi merupakan kawasan rawan bencana banjir,” kata Eka, Jum’at (27/11/2020).

Baca Juga: Deteksi Dini Tsunami, BPBD Banyuwangi Tambah 3 Alat EWS

Selain itu, BPBD Banyuwangi juga telah memetakan sejumlah kawasan atau wilayah yang dianggapnya rawan adanya bencana longsor saat hujan deras mengguyur, meliputi Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Licin, dan Songgon.

Baca Juga: Panas!!! Siang Hari, Suhu di Banyuwangi Tembus 32° Celsius

Menghadapi kondisi tersebut, BPBD Banyuwangi menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik apabila terjadi bencana.

“Sebab, bencana alam tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik,” ujarnya. (fat)