oleh

Ikawangi Balikpapan Gelar Maulid Nabi dengan Hiburan Kesenian Banyuwangi

KabarBanyuwangi.co.id – Bertempat di Sekretariat Ikawangi Balikpapan Jl. Letkol Pol (Purn) Asnawi Arbain (BJBJ) Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan – Balikpapan Kaltim digelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh masyarakat rantau asal Banyuwangi. Nuasan (Muludan) Banyuwangi tetap diperlihatkan, dengan hadirnya ‘endog-endogan’ dan kesenian khas Banyuwangi.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H/ 2020 M, dilaksanakan pada 1 November 2020, dengan penceramah KH. Muhammad Mukhlisin, Ketua PCNU Kota Balikpapan. Tema Maulud Nabi adalah “Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah, Guna Mewujudkan Masyarakat Yang Madani”.

Baca Juga: Cari Kerja di Kaltim, Warga Sempu Meninggal dalam Perjalanan Pulang ke Banyuwangi

Baca Juga: Ikawangi Balikpapan, Selalu Dilibatkan Dalam Kegiatan Sosial Bersama Ormas Lain

Tausyiah KH. Muhammad Mukhlasin Ketua PCNU Balikpapan, banyak menyorot tentang tauladan yang bisa diambil dari kehidupan Nabi Muhammad SAW. Semua masih relevan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa hidup menjadi lebih berkualitas.

Sebelum ceramah, juga diisi hiburan islami, Hadrah Remaja Masjid Baitul Ilmi Balikpapan. Tidak ketinggalan kesenian khas Banyuwangi Sri Tanjung milik Ikawangi Balikpapan juga turut menyemarakkan rangkaian Muludan.

Sajian Makanan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, seperti di daerah asal (Foto: Istimewa)
Sajian Makanan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, seperti di daerah asal (Foto: Istimewa)

Hiburan islami khas Banyuwangi, cukup membuat kagum para undangan yang bukan orang Banyuwangi. Bagi warga Banyuwangi, hiburan ini bisa menjadi obat kangen tanah kelahiran.

Sementara sajian makanan, tidak melupakan tradisi yang ada di Banyuwangi. Seperti nasi takir dan sejumlah endog-endogan yang tidak mungkin ditemui selain di Banyuwangi. Namun berkat kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Ikawangi, endog-endogan bisa ditemui di mana-mana.

Baca Juga: Ulang Tahun Ikawangi Balikpapan ke-34, Bertabur Ucapan Selamat Dari Ikawangi Dunia

Ketua Umum Ikawangi Balikpapan, AKBP. H. Suyitno, SH.M.Hum dalam amanahnya, bahwa dalam kegiatan Malud Nabi Muhammad SAW, bisa meningkatkan kualitas hubungan kita dengan Allah SWT dan sekaligus mempererat hubungan sesama manusia. Bagi masyarakat Banyuwangi dirantauan, kegiatan Maulud Nabi bisa menjadikan ‘Guyub Rukun Selawase”.

Ketua Umum Ikawangi Balikpapan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Ikawangi yang tergabung dalam Group Ikawangi Dunia, karena berkat dukungan saudara-sadaura rantau semua, acara dan kegiatan bisa dilaksanakan.

Kesenian Banyuwangi 'Sri Tanjung' milik Ikawangi Balikpapan selalu tampil setiap ada kegiatan (Foto: Istimewa)
Kesenian Banyuwangi ‘Sri Tanjung’ milik Ikawangi Balikpapan selalu tampil setiap ada kegiatan (Foto: Istimewa)

(Penulis: Budi Sakti Purnomo –  Ketua Harian Ikawangi Balikpapan, Kalimantan Timur)