oleh

Jarak Boleh Berjauhan, Tetapi Silaturahim Tetap Dekat

KabarBanyuwangi.co.id – Begitu kira-kira Grand Thema Reuni MAN JEMBER 83, setelah rajutan-rajutan silaturahim kecil dilakukan di masa Pandemi Covid-19 ini. Selama 37 tahun kami baru berjumpa kembali, melepas kangen memupuk rasa persahabatan ukhuwah dalam satu jiwa kebersamaan menuangkan ide-ide dan tindakan nyata (Insyaallah).

Meskipun sekolah kami berada di Jember, namun siswanya sekitar 20 persen rata-rata berasal dari Banyuwangi. Bahkan teman saya angkatan tahun 1983 yang dari Banyuwangi ada sekitar 40 persen, karena saat itu belum ada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Banyuwangi. Daerah Banyuwangi asal siswa MAN saat itu, hampir menyebar seluruh kecamatan yang ada di Banyuwangi. Mulai Wongsorejo, Tegaldelimo, Pesanggaran dan Kalibaru.

Baca Juga: Sukses Diseluruh Program, Komunitas Kita Peduli Targetkan Program Bedah Rumah

Baca Juga: Julukan Kiai Dalam Arti Sesungguhnya

Namun akibat kesibukan masing-masing, serta jarak yang relatif jauh, tidak semua teman saya asal Banyuwangi bisa hadir saat Reuni. Mereka tetep satu semangat ukhwah persaudaraan, seperti yang tercermin dalam Group WahatApp. Meskipun secara pisik tidak bisa hadir, mereka masih terus saling memberi semangat.

Keceriaan para Alumni MAN Jember saat reuni (Foto: Istimewa)
Keceriaan para Alumni MAN Jember saat reuni (Foto: Istimewa)

LATAR IJO Curah Buntu Jenggawah Jember, semoga jadi saksi kebersamaan kita berjuang untuk semuanya. Mewujudkan cita-cita sang Guru yang jadi pahlawan TRANSFORMASI Pengetahuan dan Perilaku, untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Perjumpaan kami, sejenak melepaskan profesi yang beragam, karena sejatinya persahabatan tak mengenal perbedaan status profesi. Sekarang kami tersebar dalam beragam profesi, mulai dari Petani, Guru, Dosen, Pengusaha, Pedagang, Aparatur Pemerintahan, TNI-Polri, serta profesi lainnya. Meskipun beda profesi, semangat kami tetap sama dalam ukwah dan kebersamaan.

Baca Juga: Kelola Hidroponik Selain Dapat Omzet, Juga Jadi Sarana Wisata Edukasi

Walaupun masa Pandemi Covid-19 masih berlangsung, kami sepakat lakukan silaturahim langsung, dengan tetap laksanakan Protokol Kesehatan yang diwajibkan. Memakai masker, cuci tangan sebelum masuk lokasi acara, ukur suhu badan dan menggunakan hand sanitizer.

Para Almni MAN Jewmber 1983, bertemu setelah 37 tahun berpisah (Foto: Istimewa)
Para Almni MAN Jewmber 1983, bertemu setelah 37 tahun berpisah (Foto: Istimewa)

Inilah program kami awali dengan: Rutinitas KHATMIL QURAN (dihadiahkan untuk para guru), sambang kawan meringankan beban, bantu mereka yang sangat membutuhkan (Insyaallah). Semoga rencana-rencana yang telah kami susun diridhoi Allah SWT, dan teman-teman menadapatkan kelancaran dalam mengamalkanya. Amin ya robbal alamin.

SELAMAT dan SUKSES bagimu Kawan-kawan Alumni 83 MAN JEMBER.

(Penulis: Ali Hasan, Alumni MAN Jember 1983 asli Wongsorejo, Banyuwangi)