oleh

KPU Banyuwangi Terima Logistik Pilkada 2020 dan APD

KabarBanyuwangi.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, mulai kedatangan logistik berupa Alat Pelindung Diri (APD), untuk menunjang kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang diselenggrakan secara srenak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa mengatakan, dalam beberapa hari terakhir logistik untuk keperuan Pilkada sudah berdatangan di gudang KPU yang berada di Kecamatan Kabat Banyuwangi. Selain itu, KPU juga menerima APD, berupa masker dan face sheild atau pelindung wajah.

“Dalam beberapa hari terakhir, kami menerima logistik seperti Alat Pelindung Diri (APD), yang terdiri dari ratusan ribu masker kain, 31 ribuan face sheild dan hand sanitazer, serta alat semprot untuk keperluan sterilisasi TPS,” ungkap Ari Mustofa, Kamis (13/11/2020).

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020 di Jatim, Pelanggaran Protkes Mendominasi 

Baca Juga: Polisi Bakal Jaga Ketat Gudang Logistik KPU Banyuwangi Selama Pilkada

Ari menegaskan, APD yang datang, sebagian besar akan digunakan pada saat proses pemungutan suara, dan digunakan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan petugas lainnya di TPS, untuk mencegah klaster penularan Covid-19 Pilkada.

“Pemilu kali ini dilakasnakan disaat Pandemi Covid-19, berbeda dengan pemilu sebelumnya, sehingga kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana sebelum masuk ke TPS, pemilih akan diarahkan untuk mencuci tangan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan mengunakan masker,” tegas Ari Mustofa.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Umumkan Jumlah Daftar Pemilih Tetap

Untuk memastikan benar – benar steril, sebelum masuk gudang, truk pengakut logistik KPU disterilsasi mengunakan disinfektan. Setiap orang yang masuk ke area kantor dan gudang KPU juga diukur suhu tubuhnya, agar terhindar dari resiko virus Covid-19 yang memungkinkan terbawa saat pendistribusian logistik (fat)