oleh

Malam Ramai, Pagi Hingga Siang Hari Pelabuhan Ketapang Lengang

KabarBanyuwngi.co.id – Kondisi pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang, Banyuwangi, terpantau lengang, Kamis (29/10/2020) pagi. Empat kantong parkir di dalam kawasan pelabuhan tampak kosong. Hanya ada beberapa kendaraan yang melintas menuju kapal untuk menyeberang ke Pulau Dewata.

Data terbaru pihak ASDP hingga pukul 08.00 Kamis pagi, tercatat ada 2.868 kendaraan roda empat atau mobil pribadi, kendaraan roda dua sekitar 1.358 unit yang telah menyeberang ke Pulau Bali.

“Untuk kendaraan terpantau mengalir saja. Tapi kami lihat memang lebih banyak malam hari daripada siang hari kendaraan yang masuk pelabuhan. Prediksi kami Kamis malam nanti puncak kendaraan yang masuk ke Pulau Bali,” jelas General Manager ASDP Ketapang, Fahmi Alweni.

Baca Juga: Long Weekend Kendaraan Mulai Berdatangan, ASDP Ketapang Siagakan 52 Kapal Ferry

Baca Juga: ASDP Ketapang Beri 1.500 Alat Rapid Tes Gratis bagi Pengemudi Truk Logistik

Peningkatan terjadi pada kendaraan roda dua pemudik yang tiba di Pelabuhan Ketapang dari Pulau Bali. Selama kurun waktu 24 jam terakhir ini, ada sekitar 3.384 roda dua pemudik yang telah meninggalkan Pulau Bali untuk merayakan libur panjang di kampung halaman.

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang, namun tidak sampai terjadi antrean yang berarti di Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk. Baik siang maupun malam, kondisi pelabuhan terpantau ramai lancar.

“Alhamdulillah tidak sampai ada antrean, kendaraan ramai lancar, utamanya malam hari. Untuk Kamis pagi ini, relatif sepi. Tren long weekend tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selama pandemi, pelabuhan Ketapang yang biasanya selalu dipadati kendaraan saat long weekend, kini relatif lebih sepi,” tambah Fahmi.

Kendaraan masuk kapal menuju Pulau Dewata pada malam hari. (Foto: man)
Kendaraan masuk kapal menuju Pulau Dewata pada malam hari. (Foto: man)

Sementara itu, pada long weekend tahun ini, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengimbau kepada pengguna jasa pelayaran untuk tetap tertib mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Tentu protokol kesehatan harus tetap dijaga. Semua pemudik maupun wisatawan haru pakai masker. Cuci tangan pakai sabun di tempat-tempat yang sudah disediakan di pelabuhan dan hindari berkerumun baik di kapal maupun di dalam pelabuhan agar penularan Covid-19 bisa ditekan,” imbau Kapolresta.

Baca Juga: Tim Gugus Tugas Provinsi Bali dan Banyuwangi Tinjau Pos Check Point

“Hasil cek lapangan kami sejauh ini, belum ada kepadatan kendaraan yang signifikan di Pelabuhan Ketapang. Kendaraan lancar mengalir menuju kapal,” imbuh Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin saat di Pelabuhan ASDP Ketapang,” imbuh Kombes Pol Arman Asmara saat memantau langsung kondisi Pelabuhan Ketapang.

Mengantisipasi kepadatan kendaraan selama libur panjang utamanya di malam hari, ASDP Ketapang telah mengoperasikan 32 kapal dari 52 kapal yang disiagakan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali. (man)