oleh

Perajin Alat Dapur Kalibaru Wetan Tidak Butuh “Festival Dandang Sewu”

KabarBanyuwangi.co.id – Saat Gus Riza sebagai Calon Wakil Bupati Banyuwangi mendatangi perajin alat-alat dapur di Dusun Tegal Pakis, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, justru banyak curhatan yang mengaku tidak pernah diperhatikan selama ini.

“Kami sebagai perajin, sebetulnya hanya mengingkan bantuan pelatihan dan alat untuk memproduksi alat-alat dapur. Ke depan, kami sebetulnya ingin bersaing dengan pabrikan yang memproduksi alat-alat dapur. Namun keinginan besar itu, terkendala alat yang harganya tidak mungkin kami beli sendiri,” ujar Pak Sagita, mewakili perajin.

Baca Juga: Bawaslu Banyuwangi Bantah Anggotanya Tidak Netral Dalam Pemilihan 2020

Sagita menambahkan, sejak pertengahan tahun 1980-an, kawasan Dusun Tegal Pakis, Desa Kalibaru Wetan, sudah tumbuh sebagai pusat perajin alat-alat dapur.

Gus Riza dengan santai menanaykan banyak hal tentang kerajinan alat dapur. (Foto: Tim YuRiz)
Gus Riza dengan santai menanaykan banyak hal tentang kerajinan alat dapur. (Foto: Tim YuRiz)

Namun selama itu pula, belum ada campur tangan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Event yang digelar Pemkab Banyuwangi “Dandang Sewu”, dianggap tidak ada dampaknya terhadap perajin.

“Malah kami merasa direpoti dengan kegiatan ‘Festival Dandang Sewu’, karena harus ngikuti kemauan panitia dan menyinta waktu kami pekerja,” urai  Sagita.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Srono, Ipuk Dielu-elukan Pedagang dan Pengunjung

Kalau tujuannya untuk membantu kawasan ini supaya dikenal luas, saya katakan terus terang, tanpa ada kegiatan itu pusat kerajinan ala-alat dapur Kalibaru Wetan ini sudah terkenal. Bahkan turis manca negera sering hadir di sini, hanya saat Pandemi Covid-19 ini tidak terlihat lagi,” imbuhnya.

Para Perajin dan Keluarga ramai-ramai mendukung Gus Riza. (Foto: Tim Yuriz)
Para Perajin dan Keluarga ramai-ramai mendukung Gus Riza. (Foto: Tim Yuriz)

Menanggapi permasalahan tersebut, Gus Riza langsung tanggap, karena semua yang diinginkan perajian alat-alat dapur Kalibaru, sudah masuk dalam program pembina UMKM. Kebetulan juga, bidang UMKM juga menjadi wewenang Gus Riza bila kelak bersama Mas Yusuf terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi.

Baca Juga: Bawaslu Banyuwangi Catat 15 Pelanggaran Protokol Kesehatan

“Konsep kami untuk memberdayakan pelatihan. Memang meningkat pelatihan, pembherian modal dan bantuan alat yang dibutuhkan,” ujar Gus

Bahkan di setiap Kecamatan, akan dibangun ‘Garasi Inovansi’, sebagai pusata konsultasi dari UMKM yang tersebar di desa-desa. Perajin bisa minta bantuan masalah disain, atau masalah lainnya”, pungkas Gus Riza yang akan melanjuitkan acara di Perkebunan Kalibaru. (sen)