oleh

Satu Hakim Positif Covid-19, Kantor PN Banyuwangi Ditutup Sementara

KabarBanyuwangi.co.id – Menyusul seorang hakim yang terkonfirmasi positif Covid-19, Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1-A Banyuwangi ditutup untuk sementara, selama dua hari sejak Kamis (19/11/2020) hari ini hingga Jumat (20/11/2020) besok. Seluruh aktivitas, baik persidangan maupun pelayanan publik lainnya ditutup total.

Untuk keterbukaan kepada publik, pihak pengadilan juga memasang tanda pemberitahuan di depan pintu masuk pengadilan bahwa segala aktivitas di dalam pengadilan ditutup dan akan kembali aktif melayani persidangan pada hari Senin mendatang.

Baca Juga: Bupati Anas Sampaikan Bela Sungkawa Atas Meninggalnya Dokter karena Covid-19

Juru Bicara Satgas PenangananCovid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, menjelaskan seorang hakim yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam kondisi baik meski memiliki riwayat penyakit komorbid. Hingga saat ini yang bersangkutan masih harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan.

“Iya betul seorang hakim yang positif covid. Oleh pihak Ketua Pengadilan seluruh aktivitas di dalam pengadilan langsung ditiadakan, dan ditutup selama dua hari. Seorang hakim positif memang memiliki riwayat penyakit komorbid, tapi kondisinya baik. Saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya,” ujar Rio panggilan akrabnya.

Baca Juga: Alhamdulillah, 40 Pasien OTG di Gedung Karantina Licin Sembuh dari Covid-19

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, selain ditutup total, tim BPBD juga langsung melakukan sterilisasi dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke seluruh ruangan pengadilan secara berkala setiap harinya.

Petugas lakukan sterilisasi seluruh ruang PN. (Foto: man)
Petugas lakukan sterilisasi seluruh ruang PN. (Foto: man)

Satgas penanganan Covid-19 juga telah melakukan tracing kepada seluruh kontak erat dan menyatakan seluruhnya negatif dari virus corona.

“Tracing sudah kami lakukan sejak tadi pagi. Alhamdulillah semuanya negatif. Selama ditutup, pengadilan terus kami sterilisasi untuk memutus mata rantai penularan covid-19,” tambahnya.

Hingga saat ini, angka penyebaran penularan covid-19 di Banyuwangi relatif masih tinggi. Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan mematuhi protokol Kesehatan agar saling menjaga jarak, mencuci tangan, serta menggunakan masker atau 3M.

Baca Juga: Polresta Banyuwangi Bentuk Komunitas Peduli Penegak Disiplin Covid-19

Sementara itu, dari data harian Satgas Covid-19 Banyuwangi, hingga saat ini kasus Covid-19 di Banyuwangi sudah mencapai 2.314 orang. Dengan rincian 1.980 orang dinyatakan sembuh dan 144 masih menjalani perawatan. Sedangkan kasus kematian akibat Covid-19 di Banyuwangi, kini mencapai angka 190 orang. (man)